Trik Cerdas Mengelola Lebih dari Satu Kartu Kredit | Dream Blog ID

Trik Cerdas Mengelola Lebih dari Satu Kartu Kredit


Kartu kredit telah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi sebagian orang. Mereka memiliki beragam tujuan tersendiri ketika memutuskan memiliki kartu kredit, bahkan dua atau lebih. Kuncinya, kartu kredit yang sudah masuk dalam dompet jangan sampai memberatkan.
Jika Anda termasuk orang yang lebih suka memiliki kartu kredit lebih dari satu, ada beberapa rambu-rambu yang harus dipatuhi agar pilihan Anda tak menjadi boomerang. Dengan pengaturan yang tepat, beban biaya bulanan dari kartu kredit tak bakal membuat anggaran minus. Berikut beberapa trik yang diolah dari berbagai sumber.

Selalu Pastikan Setiap Kartu Memang Sangat Berguna

Promo yang diberikan penyedia kartu kredit sangat beragam. Anda bisa memanfaatkan keuntungan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya penggila traveling pasti memburu kartu yang bisa memberikan bonus airmiles. Kadang mereka juga membutuhkan potongan harga untuk transaksi di luar negeri. Jika memang mampu membayar tagihannya, tak ada salahnya memiliki kartu untuk masing-masing kebutuhan tersebut.

Biarkan Kartu Anda Selalu Bisa Digunakan

Meskipun dalam jangka waktu tertentu mungkin tidak ada transaksi yang perlu dilakukan, jangan tutup salah satu kartu kredit Anda. Catatannya: Anda masih sanggup memiliki kartu kredit dalam jumlah besar dan masih mampu mengontrol diri. Selain itu, agar bank penerbit tidak menutup kartu kredit Anda karena lama tak digunakan, cobalah untuk menggunakan semua kartu secara bergiliran.

Tetapkan Tujuan Untuk Masing-masing Kartu

br /> Anda bisa membuat kategorisasi untuk setiap kartu kredit yang Anda miliki sesuai dengan tujuan awal pembuatan kartu tersebut. Kategorisasi ini juga bisa menjadi penanda apakah salah satu kartu kredit Anda memang benar-benar dibutuhkan atau tidak. Misalnya satu kartu untuk belanja bulanan karena menawarkan bunga rendah, kartu lain khusus untuk transaksi biaya akomodasi liburan demi mengumpulkan poin rewards, dan kartu lain lagi khusus untuk transaksi bisnis.

Jangan Gesek Kartu Kredit Hanya Demi Mendapatkan Poin Rewards

John Ulzheimer, Pakar Kredit dari CreditSesame.com menyatakan orang seringkali terjebak dengan nafsu mengumpulkan reward sehingga mereka akhirnya tenggelam dalam tumpukan hutang kartu kredit. “Ini sangat berbahaya, inilah saat ketika Anda membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan demi mendapatkan poin,” katanya.

Intip Laporan Rekening atau Tagihan Secara Rutin 

Banyaknya kartu kredit yang dimiliki tentu akan membuat banyak sumber pengeluaran. Menurut Ulzheimer, kita harus rutin memeriksa pos-pos pengeluaran serta kartu mana saja yang digunakan dan apa saja keperluannya. 

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Jika memungkinkan, cobalah untuk selalu membayar bahkan ketika tagihan kartu kredit Anda dikirimkan. Ini bisa menjadi salah satu penanda bahwa memang Anda bisa mengatur setiap pengeluaran Anda dengan baik. Bisa juga usahakan agar hanya ada dua atau tiga macam batas waktu akhir pembayaran untuk misalnya lima atau 10 kartu kredit Anda. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah melakukan pembayaran.

Gunakan Cara Transfer Balance Saat Melunasi Satu Kartu Kredit

Transfer Balance adalah memindahkan hutang yang ada dalam satu kartu kredit ke kartu kredit lainnya yang berasal dari penerbit yang berbeda. Akan ada bunga tertentu, tergantung bank penerbit, untuk memindahkan hutang atau balance. Walaupun dikenakan bunga tertentu, biasanya ada cicilan khusus dalam jangka waktu tertentu. Ini akan memudahkan Anda juga setiap kali ingin membayar cicilan kartu kredit karena bunga yang dikenakan bisa menjadi lebih rendah.

Pilih Jenis Transfer Otomatis Setiap Membayar

Demi kelancaran pembayaran kartu kredit memang sebaiknya Anda sudah mengalokasikan dana khusus setiap bulannya. Jumlah itu kemudian langsung secara otomatis dari akun bank Anda. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa tagihan kartu kredit terbayar setiap bulan. Selain itu, hal semacam ini juga menjadi bagian dari perencanaan keuangan Anda. Jika enggan melakukan pembayaran secara otomatis, Anda bisa memilih cara pembayaran dengan menggunakan internet banking.

Batasi Diri Anda untuk Mengajukan Aplikasi Kartu Baru

Kartu kredit tidak bisa dijadikan alat untuk menggunakan uang yang sebenarnya tidak Anda miliki. Jadi, Anda harus tetap mengingat bahwa kebutuhan akan kartu kredit tetap harus disesuaikan dengan pendapatan yang Anda miliki. Tujuan kehadiran kartu itu sendiri semata-mata untuk memudahkan pembayaran ketika membelanjakan kebutuhan Anda.
Sumber: Cekaja.com

0 Response to " Trik Cerdas Mengelola Lebih dari Satu Kartu Kredit "

Posting Komentar