Tiga Cara Gila Bersihkan Utang Kartu Kredit | Dream Blog ID

Tiga Cara Gila Bersihkan Utang Kartu Kredit

Tiga cara mulai dari yang paling mudah sampai berisiko. Namun lebih baik daripada terus berutang.
Banyak orang bingung mencari jalan keluar dari jerat utang kartu kredit. Padahal jika mau serius, para pengutang ini bisa menyelesaikan masalah hanya dalan tiga cara.
Langkah pertama untuk membersihkan tumpukan utang kartu kredit adalah menyetop pengeluaran Anda. Jika Tidak Anda akan terus mengulangi masalah yang sama dalam beberapa tahun ke depan. Setelah Anda menggunting kartu kredit, langkah selanjutnya adalah memangkas bunga pinjaman. Untuk melakukan hal ini ada dua cara bisa dilakukan.

Pertama, bukalah kartu kredit baru yang menawarkan bunga kredit nol persen. Pindahkan seluruh pinjaman kartu kredit lama Anda ke kartu baru ini. Biasanya penerbit kartu baru akan mengenakan biaya transfer sekitar 3-4 persen. Ini lebih baik daripada Anda membayar tumpukan tagihan kartu kredit.

Kedua, cobalah mengajukan pinjaman personal loan. Uang yang diperoleh selanjutnya dipakai untuk membayar seluruh tagihan utang kartu kredit Anda.

Ketiga, cara terakhir dan mungkin paling berisiko adalah cobalah gadaikan rumah, asuransi jiwa, atau dana pensiun Anda. Namun cara ini memang penuh risiko. Jika meminjam terlalu besar, Anda harus siap merelakan rumah, dana pensiun, atau asuransi jiwa ketika tidak sanggup membayar. Namun, jika Anda sudah terlilit dalam jerat utang, risiko ini tampaknya patut dicoba.
Sumber: Dream.co.id

Punya utang kartu kredit jangan lari?


VIVA.co.id - Kartu kredit memang memudahkan segala jenis pembayaran, baik cicilan, atau penuh. Sayangnya, tidak jarang seseorang yang akhirnya terjebak dalam utang kartu kredit, karena tidak bijak dalam pemakaiannya. 

Jika sudah terlanjur mengalami lilitan utang kartu kredit, apa yang seharusnya Anda lakukan? Jangan lari, karena ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. 

1. Evaluasi kembali rencana keuangan

Lagi-lagi, penggunaan kartu kredit tergantung dari kebiasaan pengaturan keuangan Anda. Jika bijak menggunakannya, kartu kredit akan memberikan keuntungan finansial. 

Jika tidak, utang yang menumpuk adalah tanggungannya. Karena itu, penyebab utama Anda terjebak dalam utang kartu kredit adalah buruknya perencanaan keuangan dalam penggunaan alat bayar plastik ini.

Bila memang sudah terjebak dalam utang, hitung kembali tagihan yang Anda miliki. Dalam perencanaan keuangan yang baru, buatlah pemulihan untuk tagihan kartu kredit Anda yang telah menumpuk. Hal terpenting, disiplin dalam alokasi pengeluaran dalam rencana yang dibuat, maka pengeluaran Anda pun akan dilakukan dengan lebih baik.   

2. Komitmen pelunasan
Setelah membuat perencanaan keuangan, langkah selanjutnya adalah membuat komitmen untuk menyicil tagihan yang ada. Mengingat kondisi keuangan yang belum stabil, pelunasan tagihan bisa dimulai dari yang nominalnya terkecil dahulu. 

Jangan hanya didiamkan saja, sebab rata-rata tagihan akan menumpuk dan semakin membesar karena bunga kartu kredit yang terus bertambah.


3. Coba hubungi bank penerbit

Karena kondisi keuangan yang sedang sulit, sudah tentu Anda tidak bisa membayar sekaligus tagihan-tagihan yang dimiliki. Untuk itu, hubungi bank penerbit kartu kredit. 

Mengapa demikian? Sebab, biasanya bank memiliki fasilitas untuk membayar sisa tagihan tanpa dikenakan bunga, bahkan Anda bisa menyicilnya dengan jangka waktu yang bisa dipilih. 

Konsekuensinya, biasanya saat menggunakan fasilitas cicilan ini kartu kredit Anda akan dikunci untuk tidak dapat digunakan hingga tagihan selesai. (asp)
Sumber: Viva.co.id

0 Response to " Tiga Cara Gila Bersihkan Utang Kartu Kredit "

Posting Komentar